Login
Fetching tweet..
Welcome, you are here:  Home › News › Jalan Pantura Jawa Mulai Diperbaiki
News
Selamat Idul Adha 1435 H
69th Kemerdekaan RI
Jalur Alternatif Pantura Macet Parah, Pemudik Beralih ke Bandung
ARUS BALIK PANTURA MASIH PADAT
Arus Balik H+7, Jalur Pantura Cirebon-Indramayu Macet 10 Km
Puncak Arus Mudik H+6, Jalur Pantura Padat Merayap
Macet Parah di Sepanjang Jalur Pantura
Arus Balik Lebaran di Tol Palikanci Macet hingga 15 Km
Puncak Arus Balik Hari Ini
Macet Arus Balik
Archive News
Share |
Jalan Pantura Jawa Mulai Diperbaiki
Kondisi jalan negara di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah yang rusak parah pada musim hujan, mulai diperbaiki meski untuk sementara waktu hanya berupa penambalan jalan yang berlubang.

Kerusakan jalan di sepanjang jalur strategis itu menyebabkan kerugian besar, mencapai miliaran rupiah akibat distribusi barang yang tidak lancar di jalur strategis yang menghubungkan Surabaya-Jakarta. Bahkan pada beberapa ruas jalan menimbulkan kemacetan panjang.

Kepala Staf Perencanaan Induk Pelaksana Pantura Departemen Pekerjaan Umum Iwan Zarkasi ketika dihubungi dari Semarang, Senin (13/2) pagi, menjelaskan, pemerintah saat ini mulai melakukan penambalan jalan di jalur Pantura yang membentang dari Bulu-Rembang hingga Jawa Barat.

"Yang bisa dilakukan saat ini memang penambalan jalan yang berlubang dan bergelombang. Anggarannya relatif terbatas, karena itu belum bisa dilakukan pengaspalan (hot mix) untuk melapis ulang permukaan jalan seluruhnya," kata insinyur sipil lulusan ITB ini.
Meski demikian, Iwan menegaskan, kualitas penambalan jalan diusahakan lebih baik sehingga paling tidak bisa bertahan hingga enam bula ke depan. Ada tambahan anggaran sekitar Rp 30 miliar untuk perbaikan jalur Pantura, namun Iwan menyatakan tidak ingat angka persis berapa anggaran yang dialokasikan sebelumnya.

Penambahan anggaran Rp 30 miliar ini mengingat luasnya kerusakan jalan di sepanjang jalur Pantura pada musim hujan yang disertai banjir di berbagai daerah sehingga merusak permukaan dan konstruksi jalan. Ia menambahkan, pelebaran lajur di sepanjang jalur Pekalongan-Pemalang saat ini juga mulai dikerjakan, dari dua lajur menjadi tiga lajur dengan anggaran sekitar Rp 50 miliar. Penambahan lajur di jalur "bottle neck" ini diharapkan mampu mengurai sumbatan lalu lintas.

Kendala hujan

Menurut pemantauan hingga Minggu (12/2) malam, di sepanjang jalur Kudus-Semarang, penambalan jalan berlubang sudah dilakukan, namun masih sedikit. Di jalur Semarang-Pekalongan juga mulai dilakukan penambalan.

Kerusakan parah pada km 10 menuju Semarang dari arah Demak, belum diperbaiki, padahal selain permukaan jalannya bergelombang, banyak lubang cukup dalam di ruas jalan ini, terutama di sebelah selatan jalan atau kiri dari arah Demak. Akibatnya, banyak kendaraan roda empat terutama truk dan kendaraan berat lainnya dari arah Demak, menerabas marka jalan untuk mengambil jalur di sebelah kanan yang relatif masih rata.

Tetapi keputusan pengemudi ini bukan saja melanggar lalu lintas, melainkan juga sangat berbahaya karena mengancam keselamatan dirinya dan pengemudi mobil dari arah berlawanan. "Hujan menjadi kendala utama kami untuk bisa memperbaiki jalan secepatnya, di samping pasokan aspal Pertamina yang kadang tidak lancar," kata Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Jateng, Bambang Nurhadi ketika dihubungi Senin pagi.

Bambang membenarkan, anggaran rutin pemeliharan jalan tahun anggaran 2006 sudah ada, namun perbaikan tidak akan sempurna bila hujan masih sering turun. "Maret hingga April merupakan cuaca baik untuk perbaikan jalan, namun ini terlalu lama, karena itu kami tetap mulai melakukan perbaikan jalan pada bulan ini," kata Bambang.

Sumber: www.kompas.co.id

Main Navigation
Homepage
Profile
Galleries
Sitemap
Contact Us
Blog
 
Bus Services
Bus Services
Courier Services
Order
Twitter
Facebook
Contact Us
PO. Nusantara
Getas Pejaten No. 4
Kudus - Jawa Tengah
Indonesia
Phone: +62-291-438 635
Fax: +62-291-433 133
Email: cs@nu3tara.com
Symphonie
Jl. Daan Mogot Km 10 No. 2-3
Jakarta Barat 11460 - DKI Jakarta
Indonesia
Phone: +62-21-54371970
Fax: +62-21-6190778
Email: symphonie@nu3tara.com
Tag Clouds
Bus Ticket Nusantara Kudus Schedules Destinations Travel Central Java
© 2011-2014 PO. Nusantara. All rights reserved.
Follow Us: